Pages

~Assalamu'allaikum, Selamat datang di POJOK ONLINE~

Mangrove, si kecil penuh pesona

Mangrove dapat hidup di air tawar dan air laut,
Mangrove  pohon yang tidak besar , punya akar yang "kurus",
dia sering kali diabaikan, dikucilkan, bahkan dirusak demi pemenuhan egoisme semata oleh para penghianat lingkungan!

Tapi apa kamu tau, jika mangrove bersatu menjadi "hutan mangrove" mempunyai manfaat yang begitu besar, dia memberi kan banyak kehidupan bagi makhluk hidup lainya!

Ini penjelasannya:
Hutan Mangrove merupakan mata rantai yang sangat penting dalam memelihara keseimbangan siklus biologi di suatu perairan. Hutan mangrove juga memberikan manfaat pada masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu sebagai sumber penghasil kayu bakar dan arang, bahan bangunan, bahan baku pulp untuk pembuatan rayon, sebagai tanin untuk pemanfaatan kulit, bahan pembuat obat-obatan, dan sebagainya. Secara tidak langsung hutan mangrove mempunyai fungsi fisik yaitu menjaga keseimbangan ekosistem perairan pantai, melindungi pantai dan tebing sungai dari pengikisan atau erosi, menahan dan mengendapkan lumpur serta menyaring bahan tercemar.

Selain itu, bersama dengan ekosistem pesisir lainnya, yaitu padang lamun dan terumbu karang, ekosistem mangrove memegang peranan yang sangat vital dalam mitigasi perubahan iklim melalui penyerapan karbon/emisi CO2 yang merupakan gas rumah kaca. Proses fotosentesis mengubah karbon anorganik (C02) menjadi karbon organik dalam bentuk bahan vegetasi. Pada sebagian besar ekosistem, bahan ini membusuk dan melepaskan karbon kembali ke atmosfer sebagai (C02). Akan tetapi hutan mangrove justru mengandung sejumlah besar bahan organik yang tidak membusuk. Karena itu, hutan bakau lebih berfungsi sebagai penyerap karbon dibandingkan dengan sumber karbon.


Ayo Selamatkan Mangrove!

INGAT!!
"Mangrove, "besar" bukan karena ia besar, namun ia "besar" karena ia telah memberikan manfaat besar untuk kehidupannya"

5 komentar:

  1. hmmm... akhirnyaa ngepost jugaa, mangroev.. si kurus yang memberi manfaat besar.. :)

    ReplyDelete
  2. wah, ada yang pertamax nie..hahhaha

    "Mangrove, "besar" bukan karena ia besar, namun ia "besar" karena ia telah memberikan manfaat besar untuk kehidupannya"

    :)

    ReplyDelete
  3. both of you: icha n aris..karena kalian kecil2 badannya (ga kaya gw :'( )kalian harus bersatu seperti mangrove yaa! hehe

    ReplyDelete
  4. amiiiinnn,,, do'ain aja mee... hehehe
    makasi ya saaay...

    ReplyDelete
  5. hahahah....amin umme :D
    lu juga ya mme :)

    ReplyDelete

Get this Widget and Desaign!