Pages

~Assalamu'allaikum, Selamat datang di POJOK ONLINE~

Cara Membuat Template Blogger Hasil Buatan Sendiri

Temen-temen kali ini saya ingin berbagi tips gimana carannya bikin template sendiri, coz sekarang blogger udah nyediain menu buat bikin template sendiri. seru deh..jadi temen-temen bisa bikin template sesuai dengan identitas temen-temen...hehehee...
yaudah de, kita langsung aja nyooo.. :)
  1. Silahkan login ke dasbor blogspot Temen-temen.
  2. Klik link menu Tata Letak. Di bagian bawah tab Tata Letak tersebut, bertambah sebuah subtab menu baru yang bernama Percancang Template.

    Melalui menu tersebutlah kita meracancang template blogger buatan sendiri. Silahkan klik menu tersebut. Kita akan diarahkan pada halaman "Blogger Template Designer".
  3. Di sana terdapat beberapa menu pembuatan template, yaitu Template, Background, Layout, dan Advanced. Mari kita otak-atik satu persatu.
  4. Menu Template : pada menu ini, kita bisa memilih jenis template yang telah disediakan oleh Blogspot. Ini hanya sebagai template dasar saja. Istilahnya template master. Silahkan pilih salah satu, misalnya jenis "Simple". Di sana juga terdapat beberapa sub pilihan template dari jenis "Simple". Anda boleh memilih salah satunya.
  5. Menu Background : pada menu ini, kita memilih gambar-gambar yang telah tersedia untuk dijadikan sebagai background template blog rancangan kita. Menariknya, Blogspot telah menyediakan banyak gambar yang bisa kita gunakan. Jenis-jenisnya juga sangat banyak. Suatu saat, kita mungkin akan bisa memakai gambar milik kita sendiri.
    Anda juga bisa memilih warna utama template blog rancangan kita dengan mengklik pilihan pada "Main color theme".
  6. Menu Layout : menu ini cukup penting. Melalui menu ini kita mendesain layout blog hasil rancangan kita. Pada menu ini terdapat 3 sub menu:
    • Body layout : mengatur jumlah kolom, jumlah sidebar, dan penempatan sidebar pada template rancangan.
    • Footer layout : hampir sama dengan "body layout", hanya saja sub menu ini dikhususkan untuk mengatur jumlah kolom pada footer.
    •  Adjust width : berguna untuk mengatur lebar template yang ingin kita rancang, baik lebar keseluruhan (entire blog), maupun lebar tiap sidebar blog kita (left sidebar atau right sidebar).
  7. Menu Advanced : menu ini bertujuan untuk mengatur bentuk tulisan dan pewarnaan tulisan dari template yang kita rancang. Misalnya jenis font judul blog, warnannya, ukuran fontnya, dan sebagainya.
Jika Anda merasa sudah puas dengan rancangan Anda, silahkan klik tombol APPLY TO BLOG yang ada di sudut kanan atas. Kemudian silahkan lihat hasilnya.


udah jadi deh sekerang template bikinan temen-temen...
gampang kan??
silahkan komen kalau ada yang ingin ditanyakan :)

0 komentar:

Post a Comment

Get this Widget and Desaign!